Sekertaris Desa

PROFIL SEKERTARIS DESA

NAMA : H.RODLI ABDULLAH
TEMPAT TANGGAL LAHIR : Batang , 1 Desember 1953
AGAMA : ISLAM
STATUS PERKAWINAN : KAWIN
ALAMAT : Dukuh Karanganyar Rt 01 Rw 01 Desa Limpung Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Jawa Tengah
JABATAN/PERKERJAAN : SEKRETARIS DESA
KEWARGANEGARAAN : WARGA NEGARA INDONESIA
  • Tugas Sekretaris Desa
  1. Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa.
  2. Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan.
  3. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2), Sekretaris Desa mempunyai fungsi sebagai berikut ini.
  • Fungsi Sekretaris Desa
  1. Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
  2. Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
  3. Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya.
  4. Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.
  • Tugas Sekretaris Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa

Tugas Sekretaris Desa sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negero (Permendagri) No 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa :

  1. Sekretaris Desa bertindak selaku koordinator pelaksana teknis pengelolaan keuangan desa.

Selaku koordinator pelaksana teknis pengelolaan keuangan, tugas sekretaris desa adalah :

  1. Menyusun dan melaksanakan Kebijakan Pengelolaan APBDesa;
  2. Menyusun Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa, perubahan APBDesa dan pertanggung jawaban pelaksanaan APBDesa;
  3. Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBDesa;
  4. Menyusun pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDesa; dan
  5. Melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran APBDesa.
  • Dalam hal Perencanaan
  1. Sekretaris Desa menyusun Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa berdasarkan RKPDesa tahun berkenaan.
  2. Sekretaris Desa menyampaikan rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa kepada Kepala Desa.
  • Dalam pengajuan pelaksanaan pembayaran adalah kewajiban sekretaris desa untuk :
  1. Meneliti kelengkapan permintaan pembayaran di ajukan oleh pelaksana kegiatan;
  2. Menguji kebenaran perhitungan tagihan atas beban APBdes yang tercantum dalam permintaan pembayaran;
  3. Menguji ketersedian dana untuk kegiatan dimaksud; dan
  4. Menolak pengajuan permintaan pembayaran oleh pelaksana kegiatan apabila tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
  5. Berdasarkan SPP yang telah di verifikasi Sekretaris Desa, Kepala Desa menyetujui permintaan pembayaran dan bendahara melakukan pembayaran.
  6. Terhadap pembayaran yang telah dilakukan selanjutnya bendahara melakukan pencatatan pengeluaran.
  • Syarat Sekretaris Desa

Dalam menjabat sebagai sekretaris desa, ada syarat syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut :

  1. Berpendidikan paling rendah lulusan SMU atau sederajat
  2. Mempunyai pengetahuan tentang teknis pemerintahan
  3. Mempunyai kemampuan di bidang administrasi perkantoran
  4. Mempunyai pengalaman di bidang administrasi keuangan dan di bidang perencanaan
  5. Memahami sosial budaya masyarakat setempat
  6. Bersedia tinggal di desa yang bersangkutan.
Facebook Comments